-->

Monday, August 24, 2020

author photo


Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa ada banyak jenis material atap yang bisa digunakan sebagai atap, namun jika kamu menginginkan material dengan karakter bening, opsi yang tersedia sangatlah minim karena didominasi oleh Kaca. Berkat perkembangan zaman, kini terdapat alternatif baru berupa atap Polikarbonat.

Polikarbonat adalah salah satu material berjenis polimer termoplastik, yang mudah dibentuk dengan melakukan metode pemanasan. Polikarbonat merupakan jenis plastik yang digunakan secara luas dalam industri kimia saat ini.

Apa saja keunggulannya? keunggulan dari material polikarbonat ini terdapat pada ketahanan termal dibandingkan dengan plastik jenis lain, tahan terhadap benturan, dan kebeningannya 11-12 dengan kaca. Bahkan polikarbonat bisa dijadikan material yang tahan lama dan dapat dilaminasi menjadi kaca anti peluru.

Akan tetapi meskipun Polikarbonat memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap benturan dan hentakan. Tetapi polikarbonat cukup mudah tergores sehingga dibutuhkan pelapisan keras (hard coating) untuk membuat lensa kacamata dan eksterior otomotif menggunakan material polikarbonat dan material optis lainnya karena polikarbonat sangat bening dan memiliki kemampuan menstramisikan cahaya yang sangat baik dibandingkan dengan jenis kaca lainnya. Sifat polikarbonat mirip dengan akrilik (polimetil metakrilat), akan tetapi polikarbonat lebih kuat dan dapat digunakan pada suhu yang sangat tinggi, meski sedikit lebih mahal.

Dalam pengaplikasiannya Polikarbonat dapat menjadi material untuk membentu alat-alat rumah tangga yang umum, sama hal nya seperti industri dan laboratorium, terutama dalam aplikasi yang berhubungan dengan kemampuan material ini, yakni ketahanan terhadap benturan keras, ketahanan terhadap temperatur, dan sifat optisnya

Pengaplikasian dalam bentuk lembaran biasa digunakan untuk papan iklan, bangunan seperti atap, pelapis dinding, di industri untuk badan mesin, panel instrument, pelindungan, dan sebagainya. Lalu adapun aplikasi hasil injeksinya seperti Compact disk, Botol minum, gelas minum, peralatan labolatorium, lensa penerangan, lensa kacamata, lensa pengaman, lensa lampu otomotif, dan sebagainya. Beberapa jenis polikarbonat digunakan dalam aplikasi medis karena polikarbonat aman dipanaskan pada temperatur 120 oC di mana temperatur tersebut berguna untuk mensterilkan peralatan medis.

Lalu saya mencoba menguji kemampuan dari salah satu material pengganti kaca yaitu Polikarbonat solid sheet dengan merek Exeet, dengan memukul sekuat-kuatnya menggunakan palu. Berikut videonya :


This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
More on

Featured