Halo gaes kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai tugas re-branding yang pernah saya kerjakan saat masih duduk dibangku kuliah. Ini merupakan salah satu tugas studio desain komunikasi visual tingkat 3 di semester ke 5. Objek yang akan saya re-branding pada saat itu adalah PUTRA TAKSI yang merupakan salah satu merek transportasi berbasis Taksi di Kota Bandung.

Awal mulanya saya dan beberapa rekan saya dikelas ditantang oleh Dosen mata kuliah ini untuk mencari suatu usaha yang dapat dijadikan bahan re-branding, saat itu saya memilih Taksi PUTRA dengan motto nya "Aman dan Terpercaya", yang sebelumnya pernah beroperasi dengan nama Taksi CITRA yang mulai beroperasi sejak 1995. Hingga tahun 1997 yang jumlah kendaraannya mencapai 1000 unit. Karena pergantian pemegang saham dan pertimbangan pasar, Taksi CITRA kemudian berubahlah namanya menjadi Taksi PUTRA pada awal tahun 2001. Namun kabarnya saat ini perusahaan itu sudah tidak lagi peroperasi atau pindah haluan dengan adanya taksi online.

Berikut adalah step by step proses pengerjaan re-branding PUTRA TAKSI ini :


1.  PROSES BEBERAPA SKETSA YANG DIASISTENSIKAN



Setelah melakukan berbagai riset data mengenai PUTRA TAKSI ini, saya langsung melakukan coretan-coretan sketsa, sketsa ini nantinya akan saya asistensikan ke Dosen untuk memastikan bentuk visual yang seusai dengan identitas perusahaan, karena terlalu banyak sketsa yang dibuat sehingga prosesnya di sederhanakan menjadi beberapa saja yaitu sekitar 5 buah sketsa yang di digitalisasikan sebelum melakukan pewarnaan dan tracing digital.



2. PROSES PENENTUAN PEMBERIAN WARNA SETELAH DI ASISTENSI



Pewarnaan sketsa ini dilakukan dengan mengambil sampel warna yang sesuai dengan identitas yang dimiliki oleh perusahaan PUTRA TAKSI. Identitas warna perusahaan ini dengan warna biru kuningnya sudah cukup kuat sehingga penggunaan tidak perlu di rubah lagi karena warna biru dan kuning sesuai dengan motto perusahaan yang aman dan terpercaya.



3. HASIL TRACING DIGITAL LOGO



Setelah bentuk dan warna sudah dapat ditentukan, maka proses selanjutnya itu adalah digitalisasi atau tracing untuk mendapatkan logo digital nya yang nantinya dapat diaplikasikan ke mockup yang diperlukan. Sehingga hasilnya ini adalah hasil final yang nantinya akan hanya ada sedikit perubahan jika ada yang perlu dirubah dan disesuaikan dengan identitas perusahaan.


4. PENGAPLIKASIAN LOGO PADA MOCKUP STATIONARY



Setelah logo selesai dibuat digitalnya dan di terima oleh Dosen sebagai hasil dari re-branding ini maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengaplikasian kepada mockup stationery yang disesuaikan dengan kebutuhan yang dibutuhkan perusahaan, seperti misalnya kop surat, kartu nama, kartu identitas, merchandise, seragam supir, seragam kantor, dan lain sebagainya.



5. PENGAPLIKASIAN LOGO PADA MOCKUP STATIONARY



Dan yang terakhir ini adalah pengaplikasian kepada produk utamanya sebagai perusahaan pemberi layanan jasa transportasi ini yaitu mobil Taksi. Karena disinilah letak sumber penghasilan perusahaan ini sehingga branding yang dibuat harus sesuai dengan Standard Identitas Visual yang sudah dibuat, sehingga orang-orang mudah untuk mengingat mengenai merek transportasi PUTRA TAKSI ini.


Selengkapnya, silahkan lihat Manual Booknya sebagai referensi dibawah ini :


6 Comments

  1. desainnya menarik sekali mas.. semoga sukses dan bisa mendapatkan banyak klien :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih Mba Hanni, semoga sukses juga mba Hanny amiin :)

      Delete
  2. Wah seperti tampilan gsm utk putra taksi ya gan. Keren

    Salam
    Fakhrezy com

    ReplyDelete