-->

Kamis, 20 Agustus 2020

author photo



Branding - Kalau sebuah nama dalam setiap pendirian sebuah Perusahaan sangatlah begitu penting, sama hal nya dengan membuat sebuah akun sosial media (tak jarang setiap perusahaan pun berebut nickname di sosmed).

Setiap orang tentunya akan memiliki kesamaan nama, n'tah itu dari nama depannya, nama tengah nya, ataupun nama belakang nya. Bahkan tak jarang ada yang memiliki nama yang sama dari depan, tengah dan belakangnya pun sama. (Tapi ini langka sih hehe)

Makannya setiap akun sosial media pasti selalu menyediakan username untuk sebuah account sebagai nama tunggal yang hanya bisa dimiliki oleh satu orang, misalnya instagram saya menggunakan nama "Febrian Ammar" dengan username @febrianammar, nah "Febrian Ammar"nya itu semua orang bisa menggunakannya kembali tanpa ada batasan alias infinity, gak pake war ya hehe.

Sedangkan usernamenya @febrianammar tentu orang lain sudah tidak bisa menggunakannya lagi, karena sudah terpakai oleh saya, jadi untuk yang namanya 'Febrian Ammar' "sorry to say" jika ingin menggunakan username @febrianammar sudah tidak bisa (yang baca pasti bilang "siapa juga yang mau pakai" haha).

Tapi jika ingin tetap menggunakannya bisa juga menambahkan huruf lagi, misalnya @febrianammarr atau @febriiaannammarrr itupun kalau belum ada yang pakai, atau menambah angka, misalnya @febrianammar11, @febrianammar2, @febrianammar95, itupun kalau belum ada yang pakai juga.

Namun tetaplah sebaik dan sebagus"nya username yang keren adalah username yang terdiri dari satu suku kata nama seperti @febrian atau @ammar misalnya.

Setelah berbicara mengenai username di sosial media itu, tentunya kamu berfikir, apa kaitannya dengan nama perseroan tadi? ya ketika kamu akan mendaftarkan badan usaha dengan nama perseroan yang kamu inginkan tentu tidak bisa begitu saja kamu daftarkan nama yang sesuai dengan keinginan kamu.

Misalnya saya mau mendaftar perusahaan dengan nama Muara, jadi nama PT nya adalah PT. Muara, jika memang belum ada yang mendaftarkan tentunya kamu berhak atas nama perseroan tersebut.

Namun jika ternyata sudah ada yang lebih dulu mendaftarkannya, tentunya kamu harus mengurungkan niat kamu menggunakan nama PT dengan 1 suku kata itu jika ingin tetap menggunakan nama tersebut.

Kecuali ditambahkan namanya, misalnya perusahaan kamu yang ingin didirikan bergerak dibidang teknik, tentu namanya bisa menjadi PT. Muara Teknik, nah jika nama tersebut pun sudah terdaftar, dan kamu tetap ingin ada dua kata tersebut, maka rekomendasinya adalah PT. Muara Teknik Indonesia, Muara Teknik Industri, dan Muara-muara teknik lainnya.

Rata-rata setiap kelompok perusahaannya (company group) ketika membuat sebuah unit-unit perusahaan dibawah kelompoknya sebagai anggota kelompok perusahaannya (member of group) maka rata-rata nama depan PT nya akan sama seperti induknya atau nama belakang dan seterusnya yang dapat menyesuaikan dengan nama atau jenis usaha nya.

Nah sebelum lebih lanjut, tentu bagi kamu yang belum mengetahui Perseroan terbatas (PT)  itu apaan sih ya? nah menurut kamus wiki PT itu adalah

Suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan bisa dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.

Kita ambil contoh misalnya sebuah perusahaan Kolomerat (Kolomerasi) yang dinamakan PT. Febrian Ammar Corpora (FA Corp) atau PT. Febrian Ammar Group (FA Group) sebagai induk dari perusahaan membuat sebuah unit-unit usaha diantaranya. contohnya seperti dibawah ini.

Usaha Dibidang Media dan Entertainment

PT. Febrian Media Corpora (Febrian TV), perusahaan televisi nasional seperti Transmedia punya ada Trans TV, atau Trans 7.

PT. Ammar Dakwah Media (Ammar TV), nah kalau ga salah tv dakwah yang dinamain Ammar TV ini ada, tapi bukan saya yang bikin sih.

Usaha Dibidang  Usaha Property

PT. Febrian Propertindo (Febrian Real Estate), kalau diloker-loker kadang suka lihat perusahaan properti cuma menambahkan tiga huruf "NDO" untuk mempertegas usahanya dibidang jasa property di Indonesia.

PT. Ammar Kreasindo (Ammar Land), nah kalau ini biasanya dipakai di taman rekreasi atau studio hiburan gitu.

Usaha Dibidang  Usaha Retail

PT. Febrian Trade Center (Febrian Square), nah kalau ini misalnya kayak mall-mall besar seperti Bandung Indah Plaza, Bandung Trade Center, atau Bandung Electronic, Center.

PT. Ammar Retailindo (Am-mart), seperti Alfamart dan Indomaret

Usaha Dibidang  Kedirgantaraan

PT. Febrian Air Group (Febrian Air), dibidang ini ada nama orang yang dijadikan nama maskapainya, namanya Susi Air miliknya Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, tapi gak pake weleh-weleh ya (kek nama istrinya siapa hayo?? XD)

PT. Ammar Dirgantara (Ammar Airlines) biasanya kalau diluar negri maskapai besar pake nya Airlines gitu kalau ga salah.

dan masih banyak bidang-bidang lainnya.

Jadi begitulah perusahaan-perusahaan kolomerat yang mengkolomerasi perusahaan diberbagai bidang memberikan nama usaha nya meskipun berbeda-beda namun kadang sama dengan nama pertamanya, namun tidak semua grup perusahaan namanya mengikuti induknya ya, karena bisa jadi perusahaan tersebut memang baru dibeli, sehingga saat bergabung dengan kolomerasi nya tidak langsung berubah begitu saja, atau memang tidak dirubah sama sekali karena sudah mempunyai nama yang kuat.

Nah bagaimana menurut kamu gaes, keren bukan kalau kamu punya usaha yang menggurita seperti itu? Kalau kamu punya PT, kamu mau kasih nama PT kamu apa dan nama usaha kamu apa? Yuk tulis jawaban kamu di kolom komentar gaes.

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
More on

Featured