Halo gaes artikel ini sudah lama sekali saya ingin pos tetapi momentum nya beberapa waktu lalu rasanya kurang begitu pas karena ada nya pemilu presiden dan alhamdulilah Pilpres pun sudah lewat dengan lancar, sehingga kali ini pembahasan yang akan saya bahas adalah hal yang cukup menarik, sehingga tidak akan menjadi sebuah kampanye terselubung bagi salah satu paslon.

Sebuah budaya atau ciri khas yang asli banget dari Indonesia yang lain dan tak bukan adalah Batik. Lalu ada apa dengan batik? ya ciri khas yang satu ini sudah menjadi ikonik nasional  Negara kita tercinta ini gaes, yang mana digunakan oleh dari kalangan bawah sampai dengan kalangan atas, dari buruh, pelajar, mahasiswa, sampai pejabat pemerintahan dan seluruh masyarakat pada umumnya.

Namun sayangnya pada saat ini batik tidak banyak digemari bahkan generasi milenial, generasi yang muda-muda cenderung menganggap batik kesannya kuno, jadul dan tua. Pengalaman ketika masa kuliah dulu saja anak-anak yang lain menggunakan pakain dengan gaya anak-anak barat dengan celana jeans sobek-sobek, baju kurang bahan, kesannya malah melihat saya yang pake batik kayak yang asing, padahal kan pakaian yang mereka pakai adalah budaya asing.

Oleh sebab itu usul punya usul kali ini saya mau ngusulin untuk mengangkat batik sebagai topik pembahasan kali ini yang tentunya penting untuk di kampanyekan.

Seperti yang kita ketahui gaes, belakangan ini apa-apa yang digunakan oleh Presiden Republik kita selalu mendadak viral, dari mulai payung, jaket, sepatu dan lain sebagainya yang ia kenakan. Nah disini saya ada sedikit ide nyeleneh yang mungkin bisa diterapkan dan bisa mejadi bahan pertimbangan bagi Presiden kita.

Karena menurut saya Presiden sebagai pemimpin negara sering menjadi sorotan, sehingga seorang Presiden layaknya sebuah brand ambassador bagi negaranya, salah satu nya Presiden, memakai jas motif mungkin akan meningkatkan citra batik.

1. Jas Batik Presiden



Sebagai salah satu busana yang selalu digunakan pejabat dalam setiap aktivitasnya, jas sudah menjadi ikon tersendiri bagi seorang Presiden. Kira-kira cocok yang mana nih gaes?

2. Mobil Batik Presiden



Kalau setiap iring-iringan Presiden lewat suka kayak karnaval, sepertinya sudah seperti objek wisata yang menjadi sorotan setiap pasang mata yang melihatnya. Kenapa engga dimanfaatkan untuk promosikan kesenian atau budaya daerah, kan hitung-hitung memperkenalkan kepada masyarakat domestik dan menanamkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian itu sendiri.

3. Payung Batik Presiden
Nah ini yang sempet viral ketika Pakde Jokowi yang menggunakan payung ketika kondisi cuaca sedang hujan saat beliau ingin menghampiri demo. Kalau payung biasa ini aja bisa viral dipakai Pakde Jokowi, toh dengan desain motif batik akan lebih baik dikenal masyarakat.

4. Jaket Batik Presiden
Ini jaket bomber yang sempat viral dipakai Pakde Jokowi juga, kata nya sih itu jaket punya anak bungsu nya si Mister Kacang alias Mas Kaesang.

Nah dengan begini Batik bisa lebih dikenal masyarakat pada umumnya khususnya sebagai pengakuan negara terhadap budaya bangsa sehingga ketika ada negara lain yang ingin mengakui nya kita punya hak untuk menampiknya. Jangan sampai negara lain mengakui budaya kita, lalu kita marah, sedangkan kita sendiri engga pernah membanggakanya.

5. Motor Batik Presiden
Nah yang ini motor batik presiden


Nah itulah beberapa usul yang saya rasa cocok, semoga pak Presiden dengan begini nantinya bisa mengangkat citra batik lebih baik di mata dunia dan mengkampanyekannya.

Nah itulah gaes menurut saya mengapa Presiden itu harus turun tangan langsung dalam Ngebranding Batik dengan menjadi Duta Seni Budaya. Menurut kalian hal apa lagi yang menarik dari Presiden yang bisa dijadikan dibranding dengan ornamen batik-batik ini? tuliskan jawab kalian di kolom komentar ya gaes.

2 Comments

  1. Replies
    1. Istana Negara sekalian ya bang Bon, Istana Batik Presiden keren juga kayaknya hehe

      Delete