Halo gaes tahukah kamu? kalau sebuah nama dalam setiap pendirian sebuah Perusahaan sangatlah begitu penting, sama hal nya dengan membuat sebuah akun sosial media (tak jarang setiap perusahaan pun berebut nickname di sosmed).

Setiap orang tentunya akan memiliki kesamaan nama, n'tah itu dari nama depannya, nama tengah nya, ataupun nama belakang nya. Bahkan tak jarang ada yang memiliki nama yang sama dari depan, tengah dan belakangnya pun sama. (Tapi ini langka sih hehe)

Makannya setiap akun sosial media pasti selalu menyediakan username untuk sebuah account sebagai nama tunggal yang hanya bisa dimiliki oleh satu orang, misalnya instagram saya menggunakan nama "Febrian Ammar" dengan username @febrianammar, nah "Febrian Ammar"nya itu semua orang bisa menggunakannya kembali tanpa ada batasan alias infinity, gak pake war ya hehe. 

Sedangkan usernamenya @febrianammar tentu orang lain sudah tidak bisa menggunakannya lagi, karena sudah terpakai oleh saya, jadi untuk yang namanya 'Febrian Ammar' "sorry to say" jika ingin menggunakan username @febrianammar sudah tidak bisa (yang baca pasti bilang "siapa juga yang mau pakai" haha).

Tapi jika ingin tetap menggunakannya bisa juga menambahkan huruf lagi, misalnya @febrianammarr atau @febriiaannammarrr itupun kalau belum ada yang pakai, atau menambah angka, misalnya @febrianammar11, @febrianammar2, @febrianammar95, itupun kalau belum ada yang pakai juga. 

Namun tetaplah sebaik dan sebagus"nya username yang keren adalah username yang terdiri dari satu suku kata nama seperti @febrian atau @ammar misalnya.

Setelah berbicara mengenai username di sosial media itu, tentunya kamu berfikir, apa kaitannya dengan nama perseroan tadi? ya ketika kamu akan mendaftarkan badan usaha dengan nama perseroan yang kamu inginkan tentu tidak bisa begitu saja kamu daftarkan nama yang sesuai dengan keinginan kamu.

Misalnya saya mau mendaftar perusahaan dengan nama Muara, jadi nama PT nya adalah PT. Muara, jika memang belum ada yang mendaftarkan tentunya kamu berhak atas nama perseroan tersebut.

Namun jika ternyata sudah ada yang lebih dulu mendaftarkannya, tentunya kamu harus mengurungkan niat kamu menggunakan nama PT dengan 1 suku kata itu jika ingin tetap menggunakan nama tersebut.

Kecuali ditambahkan namanya, misalnya perusahaan kamu yang ingin didirikan bergerak dibidang teknik, tentu namanya bisa menjadi PT. Muara Teknik, nah jika nama tersebut pun sudah terdaftar, dan kamu tetap ingin ada dua kata tersebut, maka rekomendasinya adalah PT. Muara Teknik Indonesia, Muara Teknik Industri, dan Muara-muara teknik lainnya.

Rata-rata setiap kelompok perusahaannya (company groupketika membuat sebuah unit-unit perusahaan dibawah kelompoknya sebagai anggota kelompok perusahaannya (member of group) maka rata-rata nama depan PT nya akan sama seperti induknya atau nama belakang dan seterusnya yang dapat menyesuaikan dengan nama atau jenis usaha nya.

Nah sebelum lebih lanjut, tentu bagi kamu yang belum mengetahui Perseroan terbatas (PT)  itu apaan sih ya? nah menurut kamus wiki PT itu adalah 


Suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan bisa dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.

Kita ambil contoh misalnya sebuah perusahaan Kolomerat (Kolomerasi) yang dinamakan PT. Febrian Ammar Corpora (FA Corp) atau PT. Febrian Ammar Group (FA Group) sebagai induk dari perusahaan membuat sebuah unit-unit usaha diantaranya. contohnya seperti dibawah ini.



Usaha Dibidang Media & Entertainment
  • PT. Febrian Media Corpora (Febrian TV), perusahaan televisi nasional seperti Transmedia punya ada Trans TV, atau Trans 7.
  • PT. Ammar Dakwah Media (Ammar TV), nah kalau ga salah tv dakwah yang dinamain Ammar TV ini ada, tapi bukan saya yang bikin sih.


Usaha Dibidang  Usaha Property

  • PT. Febrian Propertindo (Febrian Real Estate), kalau diloker-loker kadang suka lihat perusahaan properti cuma menambahkan tiga huruf "NDO" untuk mempertegas usahanya dibidang jasa property di Indonesia.
  • PT. Ammar Kreasindo (Ammar Land), nah kalau ini biasanya dipakai di taman rekreasi atau studio hiburan gitu.


Usaha Dibidang  Usaha Retail

  • PT. Febrian Trade Center (Febrian Square), nah kalau ini misalnya kayak mall-mall besar seperti Bandung Indah Plaza, Bandung Trade Center, atau Bandung Electronic, Center.
  • PT. Ammar Retailindo (Am-mart), seperti Alfamart dan Indomaret


Usaha Dibidang  Kedirgantaraan
  • PT. Febrian Air Group (Febrian Air), dibidang ini ada nama orang yang dijadikan nama maskapainya, namanya Susi Air miliknya Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, tapi gak pake weleh-weleh ya (kek nama istrinya siapa hayo?? XD)
  • PT. Ammar Dirgantara (Ammar Airlines) biasanya kalau diluar negri maskapai besar pake nya Airlines gitu kalau ga salah.
dan masih banyak bidang-bidang lainnya.




Jadi begitulah perusahaan-perusahaan kolomerat yang mengkolomerasi perusahaan diberbagai bidang memberikan nama usaha nya meskipun berbeda-beda namun kadang sama dengan nama pertamanya, namun tidak semua grup perusahaan namanya mengikuti induknya ya, karena bisa jadi perusahaan tersebut memang baru dibeli, sehingga saat bergabung dengan kolomerasi nya tidak langsung berubah begitu saja, atau memang tidak dirubah sama sekali karena sudah mempunyai nama yang kuat.


Nah bagaimana menurut kamu gaes, keren bukan kalau kamu punya usaha yang menggurita seperti itu? Kalau kamu punya PT, kamu mau kasih nama PT kamu apa dan nama usaha kamu apa? Yuk tulis jawaban kamu di kolom komentar gaes.

8 Comments

  1. Informasi yg sangat menarik

    Salam Rizki Skip

    ReplyDelete
  2. wahhh wahhh wahhh,, baru tau....

    tapi in real life emang pernah kualami sih.
    tapi kali ini bukan untuk pengusaha, melainkan namaku sendiri.

    aku sendiri cenderung survey terlebih dahulu 'ada gak ya yang namanya sama denganku' dan ternyata... banyak banget..... yaaa untuk mengatasi itu semua lebih ke sering aktif di platform itu aja sih biar nama yang lain pada ketimpa dan gak keliatan alias kita yang sering aktif lebih cenderung terlihat namanya.

    aku juga lagi buka usaha bareng temen, dan untuk buat nama usaha di socmed itu aku cenderung survey terlebih dahulu untuk melihat tidak ada kesamaan. dan jika pun ada, yaaa kami terpaksa buat nama yang unik yang belum pernah terpikir oleh orang banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps bener banget mas Arya a.k.a golila unyu XD hehe, kalau saya biasanya cara ngeceknya via slash garis miring dari setiap platform sosial media ataupun e-commerce dan domain untuk memastikan bahwa nama belum terpakai, meskipun nama tersebut adalah nama yang umum digunakan, ataupun dengan kombinasi nama seperti contohnya toko dan pedia, buka dan lapak, face dan book, dan lain"nya hehe...

      Delete
  3. Wah, kalau saya mungkin PT Lorenza ... apa gitu hehe
    Btw, tapi saya memiliki mimpi untuk bisa memiliki studio seni, bukan oerusahaan. Kira-kira apa nama yang cocok? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... mungkin bisa PT. Lorenza Indonesia kali mba, biar lebih keliatan citra perusahaannya nasionalis banget gitu mba Sher, kayak rata-rata nama PT. sekarang ini, itupun kalau belum terdaftar hehe,... atau PT. Lorenztudio Art haha (bisa ga tuh ya pakai bahasa asing daftarnya)..., Studio Seni juga kalau didalamnya bertujuannya untuk menciptakan produk atau memberikan pelayanan jasa, mengajar seni misalnya, itu bisa dibilang salah satu bentuk jenis usaha dibidang jasa pelayanan, karena sejatinya pendirian PT. itu adalah soal keuntungan dan kerugian yang saya tahu Mba hehe.....

      Btw blog yang biasanya nya mba Sherly kemana ya kok ga ada mba di profil hehe

      Delete
  4. Wah sepertinya sdh ada PT nya ini FA Group pastinya.

    Oia untung aja nama sy tdk sama dgn Agan. Jadi nggak perlu khawatir sama akun medsos. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ga yah pak, kalau ada mudah"an saya founder dan ownernya haha :D

      Nah itu dia, untungnya gak sama pak Abdul, tapi sama yang lainnya mungkin akan ada banyak yang sama hehe

      Delete