Halo gaes, Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah gambar latar seperti pancaran cahaya sinar matahari yang saya buat seperti gambar diatas, yang biasanya sering digunakan sebagai background poster grand prize, door prize, quiz, dan lain-lainya. 

Hal ini cukup menarik bagi saya karena visual yang ditampilkan seakan memberikan kesan wah dan istimewa, makannya beberapa iklan produk terkadang membuat pancaran sinar matahari ini seakan-akan berputar menunjukan bahwa reward dari quiz atau program ini turun nya dari langit, seakan-akan pula pertanda hadiah yang diberikan datangnya dari surga hehe.

Nah sebelum kita memulai tutorialnya ini, pastikan aplikasi adobe illustrator sudah ter install di laptop, komputer atau perangkat kamu. Karena tutorial ini akan menggunakan aplikasi tersebut.

Yuk langsung saja kita mulai tutorial nya ya, check this out & le'ts begin.



1. Buatlah Dokumen Baru



Pertama-tama silahkan kamu buka aplikasi Adobe Illustrator di perangkat anda dengan mengklik tombol file > New atau CTRL+N, dan kemudian pilihlah size atau ukuran yang diinginkan. Untuk kali ini saya akan menggunakan ukuran 800 x 800 px atau kotak.



2. Pastikan Panel Stroke dan Appreance Aktif



Pastikan anda untuk memastikan bahwa panel stroke dan appreance sudah aktif atau untuk mengatifkan stroke klik window > stroke, lalu untuk appereance klik window > apprereance.



3. Ellipse Tool





Setelah ellipse tool diaktifkan dengan mengklik L, lalu klik pada lembar kerja yang ada, setelah muncul layar isian untuk  ellipse/lingkaran isilah ukuran width(lebar) dan height(tinggi) 200px atau satu banding satu, dan klik ok. Pastikanlah ukuran stroke 100pt, dengan alight stroke outside.



4. Dashed Line



Lakukan pengaturan stroke seperti gambar diatas. Pastikan dash 12pt atau disesuaikan dengan keinginan anda.



5. Expand



Lalu klik Object dan kemudan pilih Expand Appereance.



6. Lasso Tool



Setelah itu aktifkan Lasso Tool (Q) dan kemudian buatlah lingkaran di tengah atau didalam lingkaran sinar seperti dalam gambar yang diberikan tanda merah. Lalu kemudian klik Object > Path > Average dan kemudian akan muncul opsi, pilih Both lalu ok. Jika sobat berhasil jadinya akan seperti gambar diatas. Gampang kan, sobat bisa mengganti warna nya suka-suka, ditambah efek color gradient. Gambar latar cahaya matahari siap digunakan.



Nah jika sudah jadi anda tinggal masukan hasil nya kedalam lembar kerja yang memerlukan Gambar latar seperti pancaran cahaya sinar matahari ini untuk kebutuhan gambar latar poster atau mempercantik foto yang akan anda posting, yang sudah anda buat di adobe photoshop ataupun di adobe illustrator.

13 Comments

  1. sekalian dgn contoh gambarnya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya Bang Ical, pengaplikasiannya itu seperti yang ada di cover artikel ini saya gunakan ke Adobe Photoshop, sepertinya perlu ada tambahan tutorial untuk pakai di Photoshop nya ya hehe, terima kasih masukkannya ya Bang Ical :)

      Delete
  2. Bagus bang tutorialnya, jadi bisa bikin background ala anime gitu. Dulu kalau mau background begini saya harus download

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya mas San Muliadi, asik ya kalau dibikin panel cerita kayak anime pake foto sendiri hehe. Download mock up ya mksdnya, tapi itu foto profil sepertinya sudah kayak efek pancaran sinar matahari juga itu ya seperti kyk tutorial ini.

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih mas Ahmad Dzikrullah, jazakallah :)

      Delete
  4. mantap hasilnya mas Febrian udah lama saya gak bikin kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak Mawardi, ayo coba dibuat lagi pak hehe

      Delete
  5. Mantap ya kak hasilnya.. saya belum begitu paham pake adobe ini.. mau coba pelajari semoga makin ngerti hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah mba, kalau saya ngelihat hasilnya lucu-lucu gimana gitu ya hehe, ayo dicoba ngulik-ngulik mba nanti kalau sudah dicoba perlahan-lahan pasti bisa.

      Delete
  6. Ilmunya keren ...
    Bisa jadi panduan buatku yang masih belum begitu pinter menguasai adobe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Alhamdulilah kalau tutorialnya bermanfaat ya mas Himawan, nanti akan saya coba lebih banyak lagi sharing tentang adobe ya, terima kasih mas.

      Delete