Halo gaes kali ini saya mau ngebahas mengenai singkatan-singkatan Warung yang populer di Indonesia nih gaes, ya Warung menurut kamus digital wikipedia adalah usaha kecil yang dimiliki sebuah keluarga kecil yang berbentuk kedai, kios, toko, atau restoran sederhana. Istilah "Warung" dapat ditemukan di Negara seperti Malaysia dan Indonesia nih gaes.

Nah Warung ini menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, dan yang menarik nya dari pembahasan ini adalah nama-nama warung yang disingkat menjadi sebuah tren pasar yang ada di Indonesia nih gaes.

Jadi apa saja sih nama singkatan warung-warung di Indonesia ini?, inilah kumpulan-kumpulannya yang sudah saya rangkum untuk kamu gaes :



1. WARNET 
(WARUNG INTERNET)



Yang pertama ada Warung Internet atau biasa disingkat Warnet adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh sekelompok orang atau individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa perangkat komputer dan jaringan internet oleh si pemiliknya kepada penggunanya gaes. Biasanya pengguna dikenakan biaya per jam atau lebih dengan paket-paket tertentu yang di sesuaikan dengan lama penggunaan yang biasa disebut dengan billing. Nah gaes ayo ngaku siapa yang suka ambil paket berjam-jam buat mabar game online di warnet ini hehe.



2. WARTEL 
(WARUNG TELEKOMUNIKASI)



Yang Kedua ini ada Warung Telekomunikasi atau Wartel ini adalah tempat yang disediakan untuk pelayanan jasa Telekomunikasi atau Telepon untuk umum yang ditunggu baik bersifat sementara maupun tetap dan merupakan bagian dari telepon umum. Tapi sayangnya kalau sekarang Wartel ini udah gak ada kayaknya gaes, karena smartphone (telepon genggam pintar) yang sudah mudah dijangkau oleh masyarakat kalangan menengah atas sampai menengah kebawah, terlebih paket-paket internet tersedia cukup murah saat ini. Tapi bagi kamu gaes yang pernah merasakan menggunakan jasa wartel ini pasti nyengir-nyengir sendiri kalau pernah modus nelpon gebetan atau mantan gebetannya disini hehe.



3. WARTEG 
(WARUNG TEGAL)



Yang ketiga ini Warteg atau Warung Tegal adalah salah satu jenis usaha gastronomi yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga dengan sangat-sangat amat terjangkau anak kosan hehe. Warteg ini seolah sudah menjadi istilah generik untuk warung makan kelas menengah ke bawah di pinggir jalan, baik yang berada di kota Tegal maupun di tempat lain, baik yang dikelola oleh orang asal Tegal maupun dari daerah lainnya. Warung tegal pada awalnya banyak dikelola oleh masyarakat dari dua desa di Kabupaten Tegal dan satu desa di Kota Tegal yaitu warga desa Sidapurna, Sidakaton Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal & Krandon. Mereka mengelola warung tegal secara bergiliran (antar keluarga dalam satu ikatan famili) setiap 3 s/d 4 bulan. Yang tidak mendapat giliran mengelola warung biasanya bertani di kampung halamannya. Pengelola warung tegal di Jakarta yang asli orang Tegal biasanya tergabung dalam Koperasi Warung Tegal, yang populer dengan singkatan Kowarteg. Kowarteg hingga saat ini masih diketuai oleh Sastoro. Dan konon katanya teknologi touchscreen, alias layar sentuh idenya muncul dari Warteg gaes hehe.



4. WARKOP 
(WARUNG KOPI)



Dan yang terakhir ini ada Warkop atau Warung kopi yang merujuk kepada sebuah organisasi yang secara esensial menyediakan kopi atau minuman panas lainnya. Ia berbagi beberapa dari ciri-ciri sebuah bar, dan beberapa ciri-ciri sebuah restoran, tetapi ia berbeda dari sebuah warung. Seperti namanya, warung kopi berfokus untuk menyajikan minuman kopi dan teh bahkan makanan ringan. Banyak warung kopi di Timur Tengah dan di wilayah pendatang Asia Barat dan dunia Barat juga menyediakan shisha (nargile dalam bahasa Turki dan Yunani), dengan variasi perisa yang diulen dengan tembakau lalu dirorok melalui sebuah hookah. Yang suka nongkrong sama temennya jangan lupa bayar hutangnya di warkop biasa kamu nongkrong ya, nanti ditagih di akherat loh hehe.



Nah inilah gaes singkatan-singkatan Warung yang populer di Indonesia, menurut kamu apa lagi singkatan nama Warung yang populer ya? Yok tuliskan jawaban kamu di kolom komentar ya.

23 Comments

  1. ada yang ketinggalan satu Mas, yaitu WARMANG, = warung Remang - remang, hahahah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, iya, iya WARMANG (Warung Remang-Remang). Hehehehehe

      Delete
  2. Aku dah gak pernah nemuin wartel lagi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti wartel memang benar" sudah punah ya mba Bintang hehe

      Delete
  3. Makasih kak infonya... btw warnet dah ga ada ya skg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak Vika Hamidah terima kasih hehe,.... wah warnet juga udah punah ya mba Vika? setauku yang sudah punah diantara keempat warung itu cuma wartel hehe

      Delete
  4. Hihi iya. Soalnya skrang dh banyak hp bnyak jaringan internet pula. Jd wartel dh gak dipakai. Tapi aku dl smpet pakai hehe. Pas diasrama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beruntungnya Mba Bintang udah pernah merasakan pengalaman pakai layanan Telepon Wartel yang pakai koin gitu ya, btw menurut bu Wikwik Ceria, katanya wartel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata haha

      Delete
  5. Saya milih ke Warteg aja mas biar bisa makan nasi rendang, daun singkong rebus dan cabai hijau dengan nasi hangat, wah yummmy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas Aris, makan di Warteg alternatif untuk merasakan nikmatnya nasi rendang padang dengan versi low budget walau rasanya juga low banget, ya ada harga ada kualitas lah kira-kira begitu bunyinya hehe, kebetulan tadi siang jam istirahat saya makan di warteg lagi yummy haha

      Delete
  6. Replies
    1. Haha bawa-bawa merek nih mba Nungky, jangan-jangan brand ambassadornya lagi ya Haha. Sekalian tak tambahin lagi nih buat pelengkap aparatur warung sipil negara, ada Warnas (Warung Nasional), Warkot (Warung Kota), Warkab (Warung Kabupaten), Warkec (Warung Kecamatan) dan Warlur (Warung Kelurahan) hehe

      Delete
  7. hahaha,,, gokil ni buat warung.. jadi ada inspirasi buat Warblog,,, Warung sambil ngeblog,,

    Mampir juga mas,, akktif.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha saya ngangkak banget mas Danang bacanya, Warblog bagus juga buat buka bisnis co-working space orang-orang yang suka ngeblog hehe, jadi bisa ketemuan, saling tukar pikiran gitu ya. Terim kasih mas Danang sudah mampir.

      Delete
  8. wartel, warung yang dulu sempat melegenda ya om, sekarang sudah musnah hilang pamornya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas Kotanopan.com, wartel hilang karena kemajuan zaman yang semakin berkembang dibidang teknologi telekomunikasi ini, tapi akan terus dikenang menjadi sejarah legenda perteknologian karena kontribusi nya hehe

      Delete
  9. Macam2 istilah warung, baru saya tahu, trimas atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul mba Ida, kalau ada ide warung lagi bisa ditambahkan hehe... terima juga mba Ida sudah berkunjung ya :D

      Delete
  10. Semua warung tersebut pernah saya masuki. Kecuali warkop kali ya,, soalnya saya ngga suka ngopi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus coba ke Warkop mba Nisa, di Warkop gak cuma jual kopi kok, saya juga gak suka kopi tapi bisa ke Warkop untuk Makan Nasi Kolor (Telor Kornet) + Minum Teh = Nikmat, hehe...

      Delete
  11. wartel sekarang tuinggal sejarah,,,yang masih gue senang cuma dua ,,warteg apa warkop yang lain ga terlalu senang,,,waakwkkkakwka


    ZONA KOMPUTER
    zONA TEKNOLOGI
    ZONA MESIN
    ZONA ELEKTRONIKA
    vosikasi
    LYRIC LAGU
    CORETAKU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps wartel sudah jadi sejarah dan akan terus menjadi bagian sejarah terciptanya teknologi telekomunikasi yang kita nikmati pada masa kini dan yang akan datang alias masa depan hehe... btw ini lagi baca blog dan comment nya di warnet ya?? haha

      Delete