Halo gaes kali ini saya agak sedikit nervous karena akan membahas persoalan yang sedikit berat yaitu pengaruh seorang tokoh manusia dalam perjalanan panjang peristiwa sejarah peradaban kehidupan manusia dimasa lalu yang begitu amat sangat penting sampai pada akhirnya di masa sekarang ini, bahwa penemuan-penemuan yang didapat pada masa sekarang tidak lepas dari peran orang-orang terdahulu ya gaes. Pembahasan ini membuat saya jadi teringat Founding Father sekaligus The First President of The Republic Indonesia yaitu Bapak Insinyur Soekarno atau yang akrab disapa Bung Karno ini pernah mengatakan Jasmerah alias :

Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Seorang fisikawan asal Amerika Serikat bernama Michael H. Hart (H nya bukan haji ya gaes) yang juga merupakan Guru Besar/Professor dibidang astronomi dan ilmu fisika disalah satu perguruan tinggi di Maryland, Amerika Serikat ini pernah menulis sebuah buku yang dia beri judul :

The 100 A Ranking of The Most Influential Persons In History

atau "100 peringkat orang paling berpengaruh dalam sejarah". Nah dalam buku nya tersebut Mas Hart merangkum sebanyak 100 tokoh sejarah yang memiliki peran dan pengaruhnya dalam kehidupan manusia, namun karena menurut saya 100 terlalu kebanyakan, maka disini saya hanya akan membas 10 besar dari 100 tokoh tersebut yang akan saya bahas dalam artikel ini ya gaes. Tapi jika kamu penasaran kamu bisa melihat daftar 100 sampai 11 nya disitus lain yang membahas nya juga atau langsung membaca bukunya ya gaes, hehe.

Berikut Adalah Daftar  Tokoh Top 10 nya, check dis out :



10. Albert Einstein
(Fisikawan Penemu Teori Relativitas)

Albert Einstein ini merupakan seorang ilmuwan fisika teoretis dan penemu teori Relativitas gaes, nah berikut ini adalah fakta lainnya mengenai Kakek Einstein :
• Einstein lahir 14 maret 1879 di Kerajaan Wurtemberg, Kekaisaran Jerman;
• Einstein dikenal luas sebagai ilmuwan terbesar abad ke 20;
• Einstein memiliki pandangan politik sosialisme dan mengkritik sistem kapitalisme;
• Einstein dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921;
• Einstein menerima berbagai penghargaan dan kehormatan pada tahun 1922;
• Einstein dinobatkan sebagai "Tokoh Abad Ini" oleh Majalah Times pada tahun 1999;
• Dan lain-lainnya.


9. Christopher Columbus
(Penjelajah & Memimpin Orang-Orang Eropa ke Amerika)

Christopher Columbus adalah seorang penjelajah yang menemukan benua Amerika dan memimpin orang-orang eropa ke Amerika, berikut fakta mengenai Mas Columbus :
• Colombus adalah penjelajah yang menemukan benua Amerika;
• Colombus seorang penjelajah dan pedagang asal Genoa Italia;
• Colombus bukan orang pertama yang menemukan Amerika;
• Colombus memimpin orang-orang eropa ke Amerika;
• Columbus adalah pelindung dan senama Knights;
• Dan lain-lainnya.


8. Johannes Gutenberg
(Mengembangkan Mesin Cetak & Mencetak Alkitab)

Johannes Gutenberg adalah seorang penemu mesin cetak dan mencetak Alkitab, berikut fakta mengenai Mang Gutenberg :
• Gutenberg seorang pandai logam dan penemu asal Jerman;
• Gutenberg terkenal berkat sumbangannya dibidang Teknologi percetakan;
• Gutenberg dikenal dengan karya utamanya yaitu Alkibat Gutenberg;
• Gutenberg merupakan pria kelahiran Mainz Jerman;
• Gutenberg meninggal tahun 1468 dan dimakamkan di gereja Franciscan Mainz;
• Dan lain-lainnya.


7. Ts'ai Lung
(Penemu Kertas)

Ts'ai Lung merupakan tokoh penemu kertas, berikut fakta-fakta menganai Koko Lung :
• Lung merupakan penemu kertas berkebangsaan Tionghoa;
• Lung hidup dizaman Dinasti Han pada abad ke 1 dan 2 masehi;
• Lung membuat kertas dari kulit kayu murbei;
• Lung naik pangkat karena membuat girang Kaisar dengan penemuan kertasnya;
• Lung mendapat gelar bangsawan dan menjadi cukong;
• Lung terlibat dalam komplotan anti istana;
• Lung mati bunuh diri karena meneguk racun;
• Dan lain-lainnya.


6. Santo Paulus
(Penyebar Ajaran Kristen)

Santo Paulus adalah seorang tokoh penyebar ajaran agama Kristen, berikut adalah fakta-fakta mengenai Pak Paulus :
• Paulus diakui sebagai tokoh penting dalam penyebaran dan perumusan ajaran kekristenan yang • bersumber dari pengajaran Yesus Kristus;
• Paulus memperkenalkan diri melalui kumpulan surat-suratnya dalam perjanjian baru di Alkibat • Kristen sebagai seorang Yahudi dari Suku Benyamin;
• Paulus berkebudayaan Yunani dan seorang warga negara romawi;
• Paulus dijadikan seorang Santo atau orang suci oleh seluruh gereja yang menghargai santo oleh • katolik roma, ortodoks timur, dan anglikan;
• Paulus mati karena hukuman penggal kepalanya;
• Dan lain-lainnya.


5. Kong Hu Chu - Kongfusius
(Pendiri Agama Kong Hu Cu)

Kong Hu Chu a.k.a Kongfusius atau Kongcu adalah seorang Pendiri Agama Kong Hu Chu, berikut adalah fakta-fakta mengenai Kongcu :
• Kongcu adalah seorang Pendiri Agama Kong Hu Chu;
• Kongcu seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok;
• Kongcu diakui sebagai Nabi oleh para pemeluk agama Kong Hu Chu;
• Kongcu diberi sebutan Ni Fu yang berarti bapak yang mulia ni oleh Raja Lu Ai Gong;
• Kongcu adalah putra bungsu Shu Liang he;
• Kongcu mempunyai 9 kakak perempuan dan seorang kakak laki-laki yang cacat kaki bernama Meng-bi;
• Dan lain-lainnya.


4. Siddhartha Gautama
(Pendiri Agama Buddha)

Siddhartha Gautama adalah seorang tokoh pendiri Agama Buddha, berikut adalah fakta-fakta mengenai Sang Buddha Gautama :
• Gautama adalah seorang pendiri Agama Buddha;
• Gautama dijuluki Sang Buddha;
• Gautama merupakan anak dari pangeran Sri Baginda Raja Suddhodana;
• Gautama lahir pada tahun 623 masehi;
• Gautama ditinggal mati Ibunya setelah 7 hari kelahirannya;
• Gautama telah mempelajari ilmu pengetahuan sejak usia 7 tahun;
• Gautama menyebarkan Dharma selama 45 tahun lamanya kepada umat manusia;
• Dan lain-lainnya.


3. Nabi Isa 'Alaihi Salam
(Yesus/Isa Al Masih Nasrani)

Nabi Isa Alaihissalam adalah seorang Nabi dari kaum Bani Israil di Palestina dan dikenal sebagai Yesus atau Al Masih bagi Umat Nasrani, berikut fakta-fakta Nabi Isa :
• Isa adalah Nabi dari kaum bani israil di Palestina;
• Isa merupakan putra dari Maryam binti 'Imran;
• Isa dalam Agama Nasrani adalah Isa Al Masih/Yesus Kristus;
• Isa merupakan salah satu dari Ulul Azmi sebuah gelar khusus bagi golongan Nabi pilihan;
• Isa disebutkan 25 kali di dalam Al-Quran;
• Isa memiliki mukjizat sebagai bukti kenabiannya;
• Isa bisa berbicara sewaktu masih bayi dalam panduan;
• Isa memberikan nyawa/kehidupan pada burung yang terbuat dari tanah liat;
• Isa menyembuhkan orang yang terkena lepra, menyembuhkan tunanetra;
• Isa membangkitkan orang mati;
• Isa tidak dibunuh ataupun disalib (Qs An Nisaa':157);
• Dan lain-lainnya.



2. Isaac Newton
(Fisikawan Pencetus Teori Gravitasi umum & Hukum Gerak)

Issac Newton adalah tokoh yang dikenal sebagai seorang fisikawan, pencetus teori gravitasi umum dan hukum gerak, berikut fakta lainnya mengenai Bang Newton :
• Newton seorang matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan dan teolog asal Inggris;
• Newton dikatan sebagai bapak ilmu fisika klasik;
• Newton digambarkan secara kritis sebagai juru ukur ilahi oleh William Blake;
• Newton dianggap lebih miliki kontribusi yang lebih besar dalam Sains dibandingkan Einstein;
• Newton ditinggal mati Ayahnya 3 bulan sebelum kelahirannya;
• Newton kuliah di Universitas Camridge pada usia 19 tahun;
• Dan lain-lainnya.



1. Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam
(Penyebar Agama Islam)

Yang terakhir ini adalah Baginda Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam, sebagai Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah untuk memimpin dan menyebarkan Agama Islam, berikut fakta mengenai Baginda Rasul Nabi Muhammad :
• Muhammad sebagai Nabi & Rasul Terakhir bagi Umat Muslim;
• Muhammad Pemimpin umat Muslim di seluruh Dunia;
• Muhammad Penyebar Ajaran Agama Islam;
• Muhammad lahir pada tahun 570M di Mekkah;
• Muhammad melewati masa kecilnya sebagai yatim piatu;
• Muhammad wafat tahun 632M di Madinah;
• Muhammad menikah dengan Khadijah binti Khuwailid saat berusia 25 tahun;
• Muhammad mendapat gelar Al-Amin yang artinya dapat dipercaya;
• Muhammad saat usia 40 tahun sering menyendiri di Gua Hira;
• Muhammad diangkat pertama kali menjadi Rasul pada malam hari pada tgl 17 Ramadhan;
• Muhammad meninggal dipangkuan Istrinya Aisyah binti Abu Bakar;
• Dan lain-lainnya.


Nah itu lah gaes fakta 10 orang paling berpengarung sepanjang masa yang yang disebutkan dalam buku nya Mas Hart ini. Mas Hart menempatkan seorang tokoh dari kalangan umat muslim yaitu Seorang Nabi dan Rasul Allah Subhanahu wa ta'ala yang bernama Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam dalam posisi pertama alias yang paling berpengaruh sepanjang sejarah.

Jadi menurut kamu gimana gaes setuju tidak dengan top 10 orang paling berpengaruh sepanjag masa versi Mas Hart ini? atau kamu punya sendiri daftar 10 tokoh yang paling berpengaruh? yuk tuliskan daftarnya dikolom komentar.

44 Comments

  1. Dulu saya pernah sempat buknya bukunya. Tebal sekali. Tapi entah kini dimana, saya sendiri lupa siapa yang pinjam.
    Mau beli lagi, eh harganya sudah selangit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantep kali Kang Bumi, buku bisa jadi investasi juga kalau gitu ya, harga bisa naik hehe. Ayo coba inget" lagi kang...

      Delete
  2. Wah beraaat ya mas ttg msnusia yg plg berpengaruh... Sy blom prnh denger yg no 7 .. Yg lain dh pernah tauk lah walau gak deteil bgt... Btw kynya kl nabi Isa sm Nabi Muhammad sprtinya krg ccok ya kl disebut tokoh... Ini menurut sy pribadi aja saya jg maaf kl salah. Ni kunjungan blk sy ya... Nice infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Heni bener banget, ini bisa dibilang pembahasan yang cukup berat, karena takut salah-salah dalam mengambil kata dalam kalimat yang dibuat, karena menyangkut isu sara juga, karena beberapa tokoh diantaranya adalah tokoh dari sesitif agama tertentu, terima kasih :)

      Delete
  3. Beeeh itu si gutenberg ternyata orang paling berpengaruh di dunia cetak yah, pantes namanya diabadikan oleh developer WordPress.

    Nice info gan, lanjut2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget mba Aorlin, tapi kalau kaitannya dengan Wordpress saya juga baru tahu dari mba Aorlin hehe, terima kasih :)

      Delete
  4. kalau colombus itu masih bisa diperdebatkan, dan kehadiran beliau menjadi malapetaka bagi penduduk setempat suku indian.. .cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget bang, karena sama suku indian, Mas Columbusnya ketahuan ada niatan buruk datang ke pulau itu hehe, thanks for visit to my blog ya

      Delete
  5. Kebanyakan pemimpin agama ya.....Btw, Jadi ingat buku Seratus Tokoh yang berpengaruh di Dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget banget mba Lantana, karena pengaruhnya sangat besar diperadaban ini ya, oh bukunya Mas Michael H. Hart juga ya mba bukunya

      Delete
  6. yap buku The 100 A Ranking of The Most Influential Persons In History sangat populer sehingga kita bisa mengetahui orang yg paling berpengaruh di dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap betul banget Bang Ichal, meskipun saya belum pernah baca bukunya secara langsung tapi beberapa artikel yang membahasnya di internet sudah cukup untuk saya tahu daftar 100 orang yang berpengaruh menurut Bang Hart ini hehe

      Delete
    2. kalo ga salah, dulu sy sempat dapatkan buku versi cetaknya,,,

      Delete
  7. Jadi inget sama bukunya, kalau gak salah yg kovernya hitam itu ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ani sebenarnya kalau yang saya tahu covernya warna putih dengan tulisan angka 100 yang besar berwarna merah, tapi untuk covernya saya lihat banyak versinya dan ada yang warna hitam seperti yang mba Ani katakan hehe

      Delete
  8. Wah, artikelnya menarik sekali. Kalau baca nomor satu, memang tidak heran. Selain nomor satu di dunia, beliau juga satu-satunya manusia yang memiliki pengaruh di akhirat nanti. Tentu saja melalui syafa'atnya.

    Terima kasih dan salam hangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget mas Adhi, yang nomer satu sudah pasti menjadi panutan saya dan ummat muslim pada umumnya,

      terima kasih jg sudah berkunjung ya :D

      Delete
  9. Wah ini materinya berat ya mas hahhaa, tp bnr2 nambah pengetahuan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget mba Meta, saking beratnya saya ngetiknya sambil h2c alias harap-harap cemas takut ada salah dalam mengambil kata-kata hehe, terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Delete
  10. saya setuju kalau Muhammad SAW ada diurutan pertama kalau memang terbukti hingga kini orang-orang memang berpedoman kepada Rasulullah...

    Nah kalau Christoper Columbus memang sih terkenal apalagi dengan sebutan "Penemu Benua Amerika" tapi saya meragukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget Mas Sabda, saya juga setuju dengan Mas Hart ini untuk urutan pertamanya hehe....

      Kalau soal Mas Colombus ini sih setelah saya baca artikel mengenai sosok beliau ini, sebetulnya memang bukan dia yang pertama kali menemukan /penemu benua amerika, tetapi orang-orang viking dari eropa... terima kasih sudah berkunjung ya :D

      Delete
  11. Baca nama-namanya ada yang asing, pas baca riwayatnya langsung "Oh yang ini, dulu pernah diceritain sama guru". Macem yang Columbus ini, saya ingat dulu pernah tahu kisahnya, tapi kalau gk di kasih petunjuk siapa orangnya ya enggak tahu. kawkakwaw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget Bang Irvan, awalnya saya juga ga tahu mayoritas tokoh-tokoh itu kecuali Nabi Muhammad dan Nabi Isa yang sudah jelas-jelas saya pelajari dari kecil kisahnya di mata pelajara Agama Islam... kalau colombus saya juga inget betul kisahnya yang diceritakan guru disekolah, kalau beliau ini disebutnya sebagai orang yang pertama menemukan benua Amerika, tapi sayangnya penelitian membuktikan bahwa bukan dia ternyata yang pertama,... berarti ada baiknya konten ini disisipi visual ya bang, biar orang yang baca minimal tahu gambaran rupa tokohnya, kek komik anime hehe, kecuali nabi-nabi yang disebutkan diatas itu yang jelas dilarang menggambarkannya, jadi cukup pakai kaligrafi arab nya saja seperti gambar itu deh ya hehe,... terima kasih sudah berkunjung ya Bang Irvan :D

      Delete
    2. Iya, dengan adanya visual jadi bacanya gk bosan dan lebih menarik. Terus bener kata Mas Febri, jadi orang pun saat baca sekalian belajar memasukkan ingatan dalam bentuk gambar kalo yang dibaca itu, "Oh yang ini orangnya".

      Bener banget, untuk Nabi memang dilarang untuk divisualisasikan, bahkan dipikirkan seperti apa pun tidak dibolehkan. Seperti ini saja sudah bagus. :)

      Delete
    3. Yaps betul bang Irvan, baca'an lebih menarik dan tidak mudah bosan dengan adanya visual seperti blognya bang Irvan di situs http://kinonara.com/ yang taglinenya "memberikan informasi sejernih cinta" ahay hehe...

      Yaps ini betul juga bang Irvan, terima kasih apreasiasinya yak hehe :D

      Delete
  12. Saya pernah baca disemacam buku intisari. Tapi, ini udah lama, kan? Yang update ada gak nih gan?

    Kunjungi balik:

    https://www.animangakun.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang tahu kalau soal itu gan, mungkin kayanya ada versi barunya, tapi saya belum menemukannya... terima kasih sudah berkunjung ya gan...

      Delete
  13. 10 orang berpengaruh ini memang pas, karena tak kan lekang oleh waktu bahkan sampai zaman apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget mba Fenni, terima kasih sudah berkunjung yak :D

      Delete
  14. Siti Hawa juga berpengaruh gan, kalo nggak si Adam jadi jomblo akut selamanya, wkwkwk ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya mba Aorlin, harusya masuk juga itu Siti Hawa, kalau engga semua tokoh-tokoh yang disebutin itu gak pernah ada didunia ini, termasuk saya dan mba Aorlinnya haha....

      Delete
  15. duuuh yg santo paulus meninggalny krn dipenggal yaa :(. jd pgn tau kisah hidupnya secara lbh detil sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps betul mba Fanny, menurut beberapa sejarah yang saya baca kalau Santo Paulus meninggalnya karena dipenggal kepalanya pada masa pemerintahan kaisar Nero, tapi sebab nya ia kena hukuman penggal kepalanya tidak disebutkan...

      Delete
  16. Setidak nya kita bisa mnjdi yang brmnfaat buat org lain. Walaupun blm bsa brpngaruh pnting sprti orang2 hebat tsbt

    ReplyDelete
  17. Setidaknya kita menjadi orang yang bermanfaat bagi org lain, walaupun blm berpengaruh penting sprti mreka orang2 hebat tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul banget mas, menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, sudah cukup memberikan pengaruh baik seperti orang" tersebut :D

      Delete
  18. Mantap min informasi nya, salam dari bangopit.id

    ReplyDelete
  19. semoga ane bisa meniru jejak jejak mereka amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin bang zunif, semoga saya juga bisa hehe

      Delete
  20. hebat juga ya gan albert enstein ini, ilmu nya sampai sekarang masih dipakai banyak orang, semoga aja ilmu2 tersebut tidak disalahgunakan untuk berbuat keburukan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi bang, padahal albert einstein dianggap orang gila dan idiot pada masanya, tetapi ilmunya dipakai orang-orang pintar dimasa sekarang

      Delete
  21. aku juga sempat baca di buku 100 orang yang paling berpengaruh di dunia.....

    dan alhamdulillahnya panutan kita tetap jadi urutan teratas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouhh udh sempat baca buku aslinya, saya malah belum pernah haha, cuma sekilas baca ulasan review org, karena buku lama jadi susah juga dapetnya ya....

      iya ya alhamdulilah panutan kita dan pada umumnya umat manusia ini menjadi yang top 1, meskipun penulisnya sendiri bukan dari kalangan muslim..., ini membuktikan kualitas dan kredibilitas seorang Nabi Muhammad Sallallahu 'alayhi wa Sallam di mata umat manusia...

      Delete