Halo gaes perlu kita ketahui dalam hidup ini kita tidak bisa lepas dalam bersosialisasi, meskipun terkadang kita perlu waktu untuk sendiri atau istilah nya "me time" ya gaes, namun tentunya tidak selamanya kita untuk menyendiri toh, ada waktunya kita untuk berkumpul bersama dengan keluarga tercinta, sahabat terbaik, rekan dan mitra kerja terhebat, dan orang lain yang bahkan belum kita kenal sebelumnya, karena kalau nanti kita sudah meninggal kan gak bisa kita nguburin diri sendiri kan ya hehe.


Nah dalam bersosialisasi ini kita perlu untuk mengetahui bahwa ada 3 kata yang wajib kita ketahui dalam hidup bersosial ini nih gaes, namun terkadang kita suka sungkan, malu, gengsi untuk mengucapkannya,  nah kata-kata ini yaitu "Tolong, Maaf, dan Terima Kasih", terdengar simple dan sederhana sekali namun terkadang begitu sulit diungkapkan.


Lalu bagaimana kita menanggapi jika seseorang mengatakan 3 hal tersebut? nah ini ada jawabannya untuk menanggapi dari masing-masing kata nya itu yaitu biasanya "Oh iya, Tidak Apa-apa dan Sama-sama".


Nah jadi kenapa tiga kata itu begitu wajib kamu ketahui? berikut ulasannya!

1. Tolong
Tolong adalah sebuah kata ketika kita merasa membutuhkan bantuan seseorang, ketika hidup kita sudah dalam kebuntuan, ketidak tahuan, dan kebodohan, maka meminta tolong adalah salah satu jalan yang perlu kita lakukan agar kita tidak terjebak dalam kesulitan ya gaes. Nah jika kita dimintai tolong oleh orang lain usahakan kita untuk menjawab "ya, apa yang bisa saya bantu?" jadi bukan menjawab tidak ya kalau kita belum tau apakah kita mampu menolongnya atau tidak, namun kalau nyatanya kita tidak dapat membantu, barulah kita mengatakan maaf.

2. Maaf
Maaf adalah kata yang terkadang terselip dalam sebuah kalimat yang kita ucapkan kepada seseorang demi mendapatkan ampunan, penerimaan, dan pemakluman atas kesalahan yang pernah kita lakukan, namun dengan syarat kita tidak mengulanginya lagi (maklum namanya juga manusia tidak luput dari salah), tapi yang terpenting adalah jangan gengsi untuk meminta maaf, maaf dan maaf, namun disertai dengan usaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama ya gaes. Dan sikap kita jika dimintai maaf oleh orang lain karena ketidak sengajaan, usahakan kita membalas "oh iya gak apa-apa", dan kita mengucapkan terima kasih jika kita sudah mendapatkan permohonan maaf itu atas kesalahan yang kita tidak sengaja.

3. Terima Kasih
Nah yang terakhir ini yang sangat penting kita ucapkan, tapi terkadang setiap orang melupakannya ketika seseorang telah meluangkan waktunya, mengorbankan dirinya, dan bahkan merelakan sesuatu yang menjadi haknya untuk diri kita, namun kita tidak menyadarinya, maka kita harus mengingat ketika kita tidak bisa membalas hal-hal baik tersebut dengan perbuatan yang sama, setidaknya kita mengucapkan Terima kasih. Dan jika kita diposisi orang yang diucapkan terima kasih, kita membalasnya dengan mengucapkan "sama-sama, terima kasih juga". Jadi sekecil apapun pemberian dan pengorbanan orang lain itu layak di apresiasi, karena segelas air putih yang diberikan orang lain ketika kita haus itu adalah bentuk keperduliannya kepada sesama. 

Berarti Orangtua kita yang sudah memberikan kita lebih dari sekedar segelas air untuk kehidupan kita, sudah seharusnya kita tidak sungkan untuk mengatakan tolong untuk selalu mengingatkan kita sebagai anaknya agar tidak salah dalam melangkah menjalani hidup ini, maaf untuk segala kesalahan yang pernah diperbuat sehingga menyusahkan mereka berdua, dan terima kasih atas kasih sayangnya, keperduliannya, perhatiannya, dan tanggungjawabnya selama ini sehingga kita bisa tumbuh hidup menjadi pribadi yang lebih baik dari kehidupan mereka sebelumnya.


Nah itulah gaes 3 kata yang wajib kita gunakan dalam kehidupan bersosial kita, oleh sebab itu saya mau meminta maaf kepada kamu jika ada kesalahan yang tidak disengaja maupun yang disengaja karena kekhilafan saya ini, jadi tolong untuk selalu mengingatkan ya gaes kalau ada salah-salah kata maupun kalimat yang tertulis di blog ini, dan terima kasih atas perhatian dan waktunya yang telah kalian luangkan untuk membaca setiap tulisan saya di blog ini.

30 Comments

  1. Bener nih, kalau dibilang ini adalah 3 kata ajaib yang bisa mngubah hidup kita. Sederhana tapi banyak dampaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Sara, tapi terkadang kita sendiri suka malu-malu mengatakan ketiga kata ini ya,

      walaupun saya sampai skrg kadang dimomen-momen tertentu yang seharusnya mengungkapkan salah satu dari tiga kata ini masih sering ragu dan cunggung untung mengungkapkannya, tetapi sekarang saya belajar untuk selalu terus terang mengungkapkan ketiga kata ini kepada siapapun,

      Karena sekalinya tidak diungkapkan jadi suka terpikirkan terus "kenapa tadi gak minta tolong kalau belum bisa ya, kenapa tidak minta maaf kalau salah ya, kenapa tidak berterima kasih kalau sudah diberi ya" hehe

      Delete
  2. Hmm benar sekali, kadang-kadang justru aku lupa mengucap terimakasih dalam bersosial, bahkan untuk hal2 sepele

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba Nisa, walaupun ungkap terima kasih ini terkesan sepele ya, yang hanya merupakan kata-kata yang terdiri dari dua kata sederhana,

      tetapi ungkapan terima kasih ini saya rasa memiliki kekuatan untuk memberikan perasaan menghargai dan dimenghormati kepada orang lain ya, karena saya sendiri kalau ada orang yang mengucapkan terima kasih rasanya senang, karena jadi merasa sesuatu hal telah saya lakukan untuk membantu orang lain.

      Delete
  3. Wah sangat berfaedah, makasih bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang sama-sama, terima kasih jg kang Asep hehe

      Delete
  4. Alhamdullilah ke 3 kata yg sering dianggap sepele jg ya... Tolong... Maaf dan terimakasih... Ketiga kata tersebut sngt powerfull bgt jika digunakan dlm kehidupan sehari"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba Heni, terkadang kita lupa, dan terkadang kita juga ingat namun sungkan dan malu-malu mengungkapkan hehe

      Delete
  5. beberapa orang paling suka minta tolong, tapi jarang minta maaf, nah yang sering lupa mengucapkan terima kasih... apa karena urutannya paling belakang...he
    baiklah terima kasih gan atas ulasannya, maaf jika kurang berkenan...tolong sering sering berkunjung ke Monstanima blog...he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa jadi tuh mas karena urutannya paling terakhir jadi kata terima kasih jadi sering terlupakan hehe....
      wah mantul gan monstanima, habis baca ini langsung dipraktekan hehe terima kasih gan sudah berkunjung ya, maaf juga kalua ada yang salah dalam penulisan balasan komentar ini ya, tolong juga sering-sering mampir dimari wkwkwk

      Delete
  6. Setuju banget ini mah.. Dan menyenangkannya ada sensasi semacam lega, bahagia, nyenengin waktu ngucapin ketiganya. DAri 3 kata itu aku sih paling seneng bilang terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantep mba Eta, biasanya dari tiga kata itu orang paling sering lupa dengan terima kasih, tapi mba eta lebih mengutaman terima kasih dari tiga kata tersebut hehe, soalnya dengan terima kasih selain kita yang seneng dan bahagia, yang diucapkannya pun pasti akan merasakan hal positif yang sama ya mba, terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  7. Sepakaat banget mas, maaf - tolong - terimakasih rasanya jd 3 kata wajib saat kita berinteraksi dengan org lain. Ketika dibiasakan sudah tidak ada lagi gengsi, karena kita merasa butuh dan wajib melakukannya. Bisa karena terbiasa, sesederhana itu ~

    Salam kenal mas ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget mba Lucky, apalagi selain mengucapkan ketiga kata sederhana tersebut, jika ditambah dengan senyuman akan menjadi kesan yang lebih sangat baik dan positif sekali bagi orang lain ya...


      salam kenal juga mba Lucky :)

      Delete
  8. Bener kata2 diatas tadi terdengar sederhana tuk diucapkan tapi bagi sebagian orang kata2 tersebut sangat sulit, karena gengsi atau apalah itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba Ani, maka dari itu kita harus membiasakan mengucapkan ketiga kata itu agar terbiasa mengucapkannya dalam kondisi apapun kepada orang lain ya mba, terima kasih sudah berkunjung mba Ani :)

      Delete
  9. Bener tuh gan, memang tiga kata itu wajib ada dalam hidup kita untuk bersosialisasi.
    salam kenal dari bogger Indramayu https://www.kangsyahri.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps Kang Syahri, tiga kata yang sangat wajib sekali untuk diucapkan hehe, salam kenal kang, terima kasih sudah berkunjung ya

      Delete
  10. bagus artikelnya pak, 3 kata yang penuh makna,, tapi banyak juga lupa 3 kata itu karena gengsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget pak Adhi, jadi sebenernya kadang tidak lupa hanya gengsi yang membuatnya sulit terucapkan yaks... Terima kasih pak Webillian Adhi atas apresiasinya dan kunjungannya ya hehe :D

      Delete
  11. Ketiga kata itu memang sepele, namun maknanya sangat dalam. Kadang ketiga kata itu sering dilupakan. Padahal sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget Pak Abdul, kata yang sering terlupakan dan kalaupun ingat kadang sulit diucapkan hehe, terima kasih sudah berkunjung Pak Abdul :D

      Delete
  12. Kebanyakan yang gengsi dalam menggunakan 3 kata tersebut. Termasuk, saya :D hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahgila.com ini... blog ane dikomenin sama bang Ujwar.com nih hehe...., btw sama dong bang ujwar, saya juga kadang masih suka gengsi-gengsi juga mengucapkannya, tapi sudah mulai membiasakan walaupun sekecil apapun kesalahan selalu berusaha meminta maaf, meminta tolong ketika benar-benar kesulitan, dan berterima kasih jika dimaafkan dan diberi pertolongan hehe...

      Delete
  13. bener sekali ni sob, budaya yang patut dilestarikan. Apalagi bisa difungsikan menjd daya tarik wisata. Tambah wookee...Mayarakat ramah, rezekinya buanjiirr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul banget Bang, tiga kata ini wajib dilestarikan ditengah-tengah masyarakat kita yang mulai tinggi ego dan gengsinya hehe... btw greget mau komen di artikelnya abang yang judulnya (Singkawang: Merokok Sambil Mengemudi Bakal Ditilang), tapi gak bisa, knp ya? dinonaktifkan kolom komentarnya ya bang...

      Delete
  14. kata-kata sederhana namun penuh makna tapi sering kali dilupakan ya gan bagi banyak orang, padahal kata2 tersebut mencerminkan kepribadian seseorang :)

    ReplyDelete
  15. Wow thank infonya sob penyampaianya culup menarik

    ReplyDelete